19 Doa Untuk Menghilangkan Sakit Gigi

– Doa Sakit Gigi, Untuk doa sakit gigi berikut ini merupakan salah satu doa yang diamalkan oleh Nabi untuk orang yang sakit, dan untuk dirinya sendiri.

Doa sakit gigi dapat Anda amalkan dengan diawali bacaan bismillah sebanyak 3 kali. Lalu kemudian dilanjutkan dengan membaca doa berikut 7 kali.

أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Latin : A’udzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadzir

Artinya : Dengan menyebut nama Allah, dengan menyebut nama Allah, aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari kejelekan yang aku dapatkan dan aku waspadai (HR. Muslim no. 2202).

Doa sakit gigi tersebut dibacakan sebanyak 3 dan 7 kali sambil menyentuh bagian yang sakit. Insya Allah akan mereda.
Doa dan pengobatan atau meminum obat insyaallah bisa menyembuhkan sakit yang di rasakan.
Doa untuk mengangkat penyakit.

“Allahumma rabban naasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syaafi. Laa syaafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqaman”
Artinya:

“Ya Allah, hilangkanlah penyakit, berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri”

Doa agar cepat sembuh yang diucapkan Rasulullah sebanyak 7 kali.

“As’alullaahal azhiima rabbal ‘arsyil ‘azhiimi an yassfiyaka”

Artinya:

“Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu” (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 114).

Doa meminta ampunan dan kesembuhan.

“Syafaakallaahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa”aafaaka fii diinika wa jismika ilaa muddati ajalika”

Artinya:
“Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia” (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115).

Doa yang dibacakan untuk ruqyah agar orang sakit lekas sembuh.

“Imsahil ba’sa rabban nsi. Bi yadikas syif’u. L ksyifa lah ill anta.”

Artinya:
“Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau” (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).
Doa untuk kesembuhan dengan spesifik menyebut nama.

“Allhummasyfi (sebut nama). Allhummasyfi (sebut nama). Allhummasyfi (sebut nama).”

Artinya:

“Tuhanku, sembuhkan (nama yang didoakan). Tuhanku, sembuhkan (nama yang didoakan). Tuhanku, sembuhkan (nama yang didoakan).”

Doa yang dibacakan ketika menjenguk orang sakit.

“La ba’sa thahrun insy’allhu.”

Artinya:

“(Semoga) tidak apa-apa (sakit), semoga suci dengan kehendak Allah.”

Surat Al Anbiyaa ayat 83.

“Robbi annii massaniyadh dhurru wa anta arhamar roohimiin.”

Artinya:

“Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.”

Doa Orang Sakit untuk Dirinya Sendiri

Artinya : Tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Yang Mahaagung lagi Maha Penyantun. Tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Rabb (Pemilik) ‘Arsy yang agung. Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Rabb langit dan juga Rabb bumi, serta Rabb Pemilik ‘Arsy yang mulia. (HR. Bukhari dan Muslim).
Doa meminta kesembuhan

“Bismillah, bismillah, bismillah. U’idzuka bi izzatillahi wa qudratihi min syarri ma ajidu wa uhadziru. As’alullahal ‘adhima rabbal ‘arsyil ‘adhim an yasyfiyaka.”

Artinya:

“Dengan nama Allah, dengan nama Allah, dengan nama Allah, aku lindungi kamu berkat kemuliaan Allah dan qudrah-Nya dari kejahatan barang yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan. Aku memohon kepada Allah Yang Maha Besar, Tuhan Arasy yang maha besar agar Dia menyembuhkanmu.”

Surat Al Fatihah.

“Bismillahir rahmanir rahim. Alhamdu lillahi rabbil alamin. Ar rahmanir rahim. Maliki yaumid din. Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in. Ihdinas siratal mustaqim. Siratal lazina an’amta ‘alaihim ghairil maghdubi ‘alihim wa lad dallin.”

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai Hari Pembalasan. Hanya Engkaulah yang kamu sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan. Tunjukilah jalan yang lurus. (yaitu) Jalan orang-orang yang Engkai beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat”

1. Doa ketika sakit gigi
A’uudzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru

Artinya:

Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan (HR. Musmlim)
2. Doa sakit gigi ajaran Rasulullah
Doa ketika gigi terasa sakit dibaca sebanyak tujuh kali:

“Allahuma adzib ‘anhu su-a ma yajidu wa fuhsyahu bi da;wati nabiyyikal mubarakil makini indaka”

Artinya:

Ya Allah lenyapkanlah darinya keburukan apa yang ia rasakan beserta kekejiannya dengan doa nabi-Mu yang penuh berkah di sisi-Mu
3. Doa untuk orang yang sedang sakit
Ketika Rasulullah SAW menjenguk Sa’ad bin Abi Waqqash yang merupakan kerabat Rasulullah SAW, Nabi menyebut nama Sa’ad ketika sedang berdoa.

Allahummasyfi Sa‘dan. Allahummasyfi Sa‘dan. Allahummasyfi Sa‘dan.

Artinya:

Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad.
4. Doa pengampunan dosa dan perlindungan
Berikut doa ketika Rasulullah menjenguk kerabatnya Salman Al-Farisi RA:

Syafakallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘afāka fī dīnika wa jismika ila muddati ajalika.

Artinya:

Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia
5. Doa ketika menjenguk orang sakit
Berikut bacaan doa Rasulullah SAW ketika menjenguk orang sakit.

Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman

Artinya:

Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.
Doa Menjenguk Orang Sakit
Selain itu, Nabi juga selalu membacakan doa untuknya agar Allah SWT memberikan kesembuhan.

Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman.

Artinya, “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.”
Adapun doa untuk orang sakit yang dibaca Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut:

Imsahil ba’sa rabban nasi. Bi yadikas syifa’u. La kasyifa lahu illa anta.

Artinya, “Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau.”
Doa untuk Orang Sakit
Allahummasyfi Sa‘dan. Allahummasyfi Sa‘dan. Allahummasyfi Sa‘dan.

Artinya, “Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad.”

Ketika menjenguk orang yang sedang sakit, selain membaca doa untuk kesembuhan, kita juga bisa menyertakan doa pengampunan dosa dan perlindungan. Berikut ini doa untuk orang sakit yang dibaca Rasulullah SAW saat menjenguk sahabat Salman Al-Farisi RA:

Syafakallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘afāka fī dīnika wa jismika ila muddati ajalika.

Artinya, “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.”
Bismillah sebanyak tiga kali, setalah itu baca doa sakit gigi berikut:

“A’uudzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru”

Artinya: Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan (HR. Muslim).

Doa Sakit Gigi Sesuai Ajaran Rasulullah

“Allahuma adzib ‘anhu su-a ma yajidu wa fuhsyahu bi da;wati nabiyyikal mubarakil makini indaka”

Artinya:

Ya Allah, lenyapkanlah darinya keburukan apa yang ia rasakan beserta kekejiannya dengan doa Nabi-Mu yang penuh berkah di sisi-Mu.
Dalam Alquran, Allah SWT berfirman: وَاِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِيْنِۙ Artinya: Dan apabila aku sakit. Dialah Yang menyembuhkan aku. (QS. Asy Syuara: 80) Dalam Tafsir Ibnu Katsir dijelaskan berkaitan ayat tersebut bahwa Bila aku (Ibrahim) sakit, sesungguhnya tiada seorang pun selain-Nya yang dapat menyembuhkanku dengan berbagai macam sarana pengobatan apa pun yang menjadi penyebab kesembuhan. Dan Yang akan mematikan aku, kemudian akan menghidupkan aku (kembali)

Doa lain yang bisa diamalkan muslim ketika sakit gigi supaya cepat sembuh yakni: ” أَسْأَلُ اللَّهَ الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ ، أَنْ يُعَافِيَكَ وَيَشْفِيَكَ Latin: As alullahl’adhimi rabbl’arsyil ‘adhiim, an yu’aafiika wa yasyfiika Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah yang Mahaagung, Dzat yang menciptakan Arsy yang besar dan yang memberikan kesembuhan kepada orang yang sakit. Doa lain ketika sakit supaya cepat sembuh yakni: لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ Laa ilaaha illaa anta subhaanaka inni kuntu minadholimiin (Dibaca 3x) أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ A’udzubikalimatillahi taammati min syarrimaa kholaq. Artinya: Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya

Bagi Muslim yang sedang mengalami sakit gigi, ada doa khususnya. Berikut doa sakit gigi tulisan Arab, Latin dan Artinya: اللَّهُمَّ أَذْهِبْ عَنْهُ سُوءَ مَا يَجِدُ وَفُحْشَهُ بِدَعْوَةِ نَبِيِّكَ الْمُبَارَكِ الْمَكِينِ عِنْدَكَ Allahumma adzhib ‘anhu suu a maa yajidu wa fuhsyahu bi da’wati nabiyyikal mubarokil makini ‘indaka. “Ya Allah lenyapkanlah darinya keburukan apa yang ia rasakan beserta kekejiannya dengan doa nabi-Mu yang penuh berkah di sisi-Mu.” Dikutip dari laman bincangsyariah, doa tersebut disebutkan dalam kitab Abwab al-Faraj oleh Sayid Muhammad bin Alwi al-Maliki.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul ” Kumpulan Doa Sakit Gigi Latin & Artinya agar Cepat Sembuh “, Klik untuk baca: https://www.inews.id/lifestyle/muslim/doa-sakit-gigi.

Artikel 19 Doa Untuk Menghilangkan Sakit Gigi pertama kali tampil pada JPPWP.

Source: 19 Doa Untuk Menghilangkan Sakit Gigi