5 Cara menolak doa mimpi buruk agar tidak terjadi

– Doa Mimpi Buruk Agar Tidur Lebih Nyenyak dan Berkah
bacaan doa mimpi buruk berdasarkan Ibnu Sunni, yakni:
Doa Mimpi Buruk yang Pertama
هُوَ اللهُ ، اَللهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

(Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni.)

Artinya: “Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu.”
Doa yang Kedua
أَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَان وَسَيِّئاَتِ اْلأَحْلاَمِ

(Allohumma inni a’zubika min ‘amalis syaithoni wa sayyi-atil ahlam.)

Artinya: “Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari perbuatan setan dan buruknya mimpi.”
Amalkan 5 Sunah dari Rasulullah SAW Ini supaya Dijauhkan dari Mimpi Buruk
1. Minta Perlindungan Allah, Minimal Baca Ta’awudz
Agar doa mimpi buruk tidak terjadi, sebaiknya minta perlindungan Allah dengan membaca doa ta’awudz sebanyak tiga kali:

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

(A’udzu billahi minasy syaithanir rajim)

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk.”
2. Meludah ke Kiri Sebanyak Tiga Kali
sabda Rasulullah SAW berikut:

“Apabila salah seorang kamu bermimpi dengan mimpi yang tidak disenanginya, maka hendaklah ia meludah ke kiri tiga kali, berlindunglah kepada Allah dari gangguan syetan tiga kali…” (HR. Muslim).

Jika tidak memungkinkan untuk meludah, Imam Nawawi juga menjelaskan dalam kitab Al-Adzkar halaman 92 bahwa cukup meniup saja:

“Mimpi yang baik bersumber dari Allah. Dan mimpi buruk datangnya dari setan. Maka barangsiapa bermimpi yang dibenci (mimpi buruk), hendaknya ia meludah ke kiri sebanyak tiga kali dan mohon perlindungan kepada Allah dari setan. Maka sesungguhnya mimpi itu tidak akan membahayakannya” (Muttafaq Alaih)
3. Jangan Ceritakan Mimpi Buruk Kamu ke Orang Lain
Hal ini berdasar melalui sabda Rasulullah SAW, yaitu:

“Siapa yang bermimpi yang tidak disukainya, hendaklah meminta perlindungan kepada Allah dari kejahatannya dan dari kejahatan setan, dan hendaklah meludah tiga kali dan jangan menceritakannya kepada seorang pun, niscaya mimpi itu tidak membahayakannya.” (HR. Al Bukhari)
disabdakan Rasulullah SAW berikut:

“Apabila salah seorang kamu bermimpi dengan mimpi yang tidak disenanginya, maka hendaklah ia meludah ke kiri tiga kali, berlindunglah kepada Allah dari gangguan syetan tiga kali, dan mengubah tidurnya dari posisi semula.” (HR. Muslim)
5. Mengambil Wudu dan Mendirikan Salat
Rasulullah SAW bersabda:

“Karena itu, jika kamu bermimpi yang tidak kamu senangi, bangunlah, kemudian shalatlah.” (HR. Muslim).
Hadits tentang Mimpi
bernama Ubadah bin Shamit, Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Mimpi seorang mukmin adalah satu dari 46 bagian kenabian.” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi)
Doa setelah Mimpi Buruk
Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni.

Artinya, “Dialah Allah. Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu.”
Rasulullah untuk dapat menghindari mimpi buruk, yakni membaca surat-surat pendek seperti surat al-Fatihah, al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Nas.

Kemudian dilanjutkan dengan membaca doa di bawah,

Bismika rabbi wadla‘tu janbi wa bika arfa‘uhu. In amsakta nafsi farhamha. Wa in arsaltaha fahfazhha bima tahfazhu bihi ‘ibadakas shalihin.

Artinya, “Dengan nama-Mu hai Tuhanku, aku berbaring. Dengan nama-Mu juga aku terbangun. Jika Kau tahan nyawaku, berilah rahmat untuknya. Jika Kau lepaskan nyawaku, peliharalah sebagaimana Kau memelihara para hamba-Mu yang saleh.”
Doa Sebelum Tidur
Berikut adalah doa sebelum tidur yang dapat anda bacakan:

Bismika rabbi wadha’tu janbi wabismika arfa’uhu faghfirli dzanbi. Allahuma qini ‘adzabaka yauma tab’atsu ‘ibadaka. Allahumma bismika ahya wa amût, Allahumma inni a‘udzubika min-syarri kulli dzi syarrin. Wa min syarri kulli dabbatin anta akhidzun binashiyatiha, inna rabbi ’ala shirathin mustaqim.

Artinya: “Dengan nama-Mu wahai Tuhanku, kuletakkan rusukku dan dengan nama-Mu pula kuangkat tulang itu serta ampunilah dosa-dosaku. Ya Allah semoga Engkau menjagaku dari azab-Mu pada hari di mana Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu. Ya Allah, dengan nama-Mu aku hidup dan mati. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung pada-Mu dari keburukan segala sesuatu yang memiliki keburukan serta dari kejahatan setiap yang melata. Engkaulah yang menggenggam ubun-ubunnya. Sesungguhnya Tuhanku berada di jalan yang lurus.”
Bacaan Doa Mimpi Buruk
Di riwayatkan oleh Ibnu Sinni, doa pertama adalah sebagai berikut:

Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni.

Artinya:

“Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu.”

Selain itu, ada pula doa mimpi buruk yang dapat dibaca, yaitu:

Allohumma inni a’zubika min ‘amalis syaithoni wa sayyi-atil ahlam.

Artinya:

“Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari perbuatan setan dan buruknya mimpi.”
Sunnah dari Rasulullah SAW setelah Mimpi Buruk
1. Meludah ke Kiri Sebanyak Tiga Kali
disunahkan oleh Rasulullah SAW untk segera meludah ke kiri sebanyak tiga kali.

Dijelaskan dalam HR. Muslim, bahwa:

“Apabila salah seorang kamu bermimpi dengan mimpi yang tidak disenanginya, maka hendaklah ia meludah ke kiri tiga kali, berlindunglah kepada Allah dari gangguan syaitan tiga kali.”

Sedangkan dijelaskan oleh Imam Nawawi, jika mengalami mimpi buruk, ada baiknya untuk hanya meniup dan tidak perlu mengeluarkan ludah.

“Mimpi yang baik bersumber dari Allah. Dan mimpi buruk datangnya dari setan. Maka barangsiapa bermimpi yang dibenci (mimpi buruk), hendaknya ia meludah ke kiri sebanyak tiga kali dan mohon perlindungan kepada Allah dari setan. Maka sesungguhnya mimpi itu tidak akan membahayakannya.”
2. Segera Minta Perlindungan dari Allah SWT
terbangun karena mimpi buruk, segeralah membaca ta’awudz sebanyak tiga kali sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.

A’udzu billahi minasy syaithanir rajim

Artinya:

“Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk.”
3. Jangan Ceritakan ke Orang Lain
Ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, yaitu:

“Siapa yang bermimpi yang tidak disukainya, hendaklah meminta perlindungan kepada Allah dari kejahatannya dan dari kejahatan setan, dan hendaklah meludah tiga kali dan jangan menceritakannya kepada seorang pun, niscaya mimpi itu tidak membahayakannya.” (HR. Al Bukhari)
4. Ubah Posisi Tidur
Dihadiskan dalam Hadits Riwayat Muslim, bahwa:

“Apabila salah seorang kamu bermimpi dengan mimpi yang tidak disenanginya, maka hendaklah ia meludah ke kiri tiga kali, berlindunglah kepada Allah dari gangguan syetan tiga kali, dan mengubah tidurnya dari posisi semula.”
5. Wudhu dan Salat
Jangan lupa untuk perbanyak istighfar setelah shalat.

Rasulullah SAW bersabda:

“Karena itu, jika kamu bermimpi yang tidak kamu senangi, bangunlah, kemudian shalatlah.” (HR. Muslim).

Artikel 5 Cara menolak doa mimpi buruk agar tidak terjadi pertama kali tampil pada Jual Minyak Pelet.

Source: 5 Cara menolak doa mimpi buruk agar tidak terjadi

Tags: